Ditargetkan Tersambung Tol di 2023

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai selama 132,48 km pada Jumat (25/9/2020) siang hari ini. Batas tol itu adalah salah satunya sisi dari Jalan Tol Trans Sumatera selama 2.818 km yang menyambungkan Lampung sampai Aceh.

Dalam video sambutannya waktu acara peresmian, Menteri Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sampaikan gagasan pembuatan Tol Trans Sumatera yang lain dalam tempo dekat ini.

Diantaranya lakukan groundbreaking pembangunan Jalan Tol Palembang-Betung selama 70 km, yang direncanakan pada 29 September 2020 kedepan.

“Serta akan diberi tanda tangan juga kesepakatan kerja di antara PUPR serta BUJT untuk batas Tol Betung-Jambi selama 190 km,” kata Menteri Basuki, Jumat (25/9/2020).

Disamping itu, dia mengatakan, Kementerian PUPR akan tanda-tangani kesepakatan kerja dengan faksi Tubuh Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk batas tol Pekanbaru-Rengat selama 175 km.

Sesaat batas lanjutannya mengarah selatan yaitu Jalan Tol Rengat-Jambi selama 190 km sekarang ini dikatakannya tengah diusahakan untuk step pembuatan.

“Kami bidik akhir tahun 2023 Insya Allah Lampung-Pekanbaru akan dapat dihubungkan,” tutur Menteri Basuki.

Berdasarkan catatan Tubuh Pengontrol Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, sekitar 9 batas Tol Trans Sumatera sudah bekerja selama 2020 ini. Kecuali Tol Pekanbaru-Dumai, 4 salah satunya terbentang disamping selatan serta siap menghubungkan Lampung serta Pekanbaru. Diantaranya Tol Bakauheni-Terbanggi Besar selama 140 km.

Selanjutnya Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung selama 189 km, Tol Kayu Agung-Jakabaring selama 33 km, serta Tol Palembang-Indralaya selama 22 km.

Sedang 4 batas Jalan Tol Trans Sumatera yang lain yang sudah beroperas ada disamping utara.

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai selama 131,48 km sudah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat siang hari ini.

Jokowi minta faksi pemda (pemda) ditempat untuk dapat manfaatkan kedatangan Tol baru ini untuk semakin dapat meningkatkan teritori seputar. Untuk info, Tol Pekanbaru-Dumai terbentang di 4 kabupaten/kota di Riau, yaitu Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis, Kota Dumai.

error: Content is protected !!