Komisi VII DPR Setujui

Komisi VII DPR RI menyepakati budget dari Kementerian Energi serta Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) di tahun 2021 dengan alokasi sejumlah Rp 7 triliun.

“Sesudah dilaksanakan bahasan Banggar, Komisi VII menyepakati budget Kementerian ESDM di tahun 2021,” kata Ketua Komisi VII Sugeng Suparwoto, diambil dari Di antara, Rabu (23/9/2020).

Perincian budget itu diantaranya untuk manajemen Kementerian ESDM sejumlah Rp 618 miliar. Selanjutnya, untuk mitigasi serta geologi sejumlah Rp 1 triliun.

Untuk program penting seperti manajemen pengadaan energi serta ketenagalistrikan memperoleh alokasi budget Rp 3,9 triliun.

Dalam proses pengadaan energi, Komisi VII minta ke Kementerian ESDM agar bisa memberi keterkaitan buat warga lokal, contohnya penempatan lampu jalan raya tenaga surya buat mengoptimalkan kekuatan perekonomian seputar.

Salah satunya yang didorong ialah pendayagunaan co-firing biomassa untuk substitusi batubara pada pembangkit listrik.

Kementerian ESDM Andriah Feby Misna diambil dalam info sah, Jumat (18/9/2020).

“Seputar 114 PLTU telah lakukan co-firing tes dengan memakai biomass pellet dan RDF sampai 10 %, tergantung pada tehnologi boiler. Kami mengharap di tahun 2021 kami mulai dapat mengaplikasikan co-firing di PLTU batubara dengan cara berkepanjangan,” tutur Feby.

Mengonsumsi biodiesel di 2020 diprediksikan akan turun sebesar 13 % dari alokasi tahun 2020 (9,6 juta kL) karena epidemi Covid-19. “Walau terpukul epidemi global, pemerintah Indonesia masih memiliki komitmen untuk meneruskan program harus B30,” tegasnya.

Selanjutnya, Pemerintah tengah lakukan penyiapan eksperimen B40.

error: Content is protected !!