Ogah Dipandang Sebelah Mata

Menteri Koordinator Bagian Kemaritiman serta Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan tidak ingin Indonesia kalah saing dengan Singapura berkaitan pemilikan dermaga. Luhut ingin Indonesia mempunyai dermaga greenport di Batam.

“Saat ini kita benahi, kita ingin buat green port, jangan kalah dari Singapura,” kata Luhut di Bintan, Kepulauan Riau, Jumat (25/9).

Dermaga yang disebut yaitu Dermaga Batu Ampar di Batam. Dermaga ini akan dibuat green port yang mengaplikasikan ekosistem logistik nasional (National Logistic Ecosystem/NLE).

Bekas Kepala Staf Kepresidenan menyebutkan project revitalisasi dermaga akan ditangani dalam tempo dekat. “Saya anggap saat ini,” ucap Luhut yang hadiri rapat pengaturan Pimpinan Komite Perlakuan Covid-19 serta Pemulihan Ekonomi Nasional (Rakorpim PC-PEN) di Bintan, Kepulauan Riau, Jumat 25 September 2020.

Luhut ingin Indonesia mempunyai green port yang jauh lebih baik dari yang sudah dipunyai beberapa negara. Ia mengutarakan project ini diperkirakan dalam rencana meningkatkan bangsa sendiri supaya bisa sama dengan negara lain.

“Jika Singapur dapat, mengapa kita tidak dapat? Jika Johor dapat, mengapa kita tidak dapat. Jadi bukan dalam kerangka beberapa macam, tapi kita harus meningkatkan kita agar dapat sama juga dengan negara lain,” tuturnya.

Menteri Koordinator Bagian Maritim serta Investasi (Marves)

Kecuali pastikan penerapan proses dari peringkasan transaksi berjalan baik, Luhut memberikan catatan lain berkaitan NLE ini.

Salah satunya, masalah pemantauan lego jangkar, dimana faksinya tengah membuat supaya petugas memperoleh stimulan dari prestasi tangkap beberapa penyelundup.

“Semua barisan darat, laut, Bea Cukai, Polisi, Bakamla, Angkatan Laut, yang tangkap penyelundupan minyak, ganja, semua jenis, 50 % ditata dikembalikan ke pada mereka jadi tunjangan prestasi,” katanya.

Diinginkan, pemberian stimulan itu dapat kurangi efek beberapa petugas terima dana-dana sogokan dari penyelundup-penyelundup.

Presiden Jokowi di pertemuan terbatas minta pembangunan dermaga Patimban, di Subang, Jawa Barat dipercepat, untuk memberikan dukungan pekerjaan ekonomi di teritori itu.

error: Content is protected !!