OJK Sinergikan BUMDes

Untuk faktanya, OJK lakukan penandatanganan nota kesepakatan bersama-sama Kemendes PDTT baru saja ini. Penandatanganan dilaksanakan Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso serta Menteri Desa, Pembangunan Wilayah Ketinggalan serta Transmigrasi Abdul Halim Iskandar.

Deputi Komisioner Jalinan Warga serta Logistik OJK Anto Prabowo menjelaskan, lewat nota kesepakatan itu OJK akan menguatkan kehadiran BUMDes.

Semenjak 2018, OJK sudah memperkuat 29 BUMDes center di beberapa wilayah. Tahun ini, OJK serta Kemendes membidik penguatan pada 30 BUMDes center baru.

Pada awal 2020 sudah digabungkan pilot proyek KUR Cluster bagian pertanian di Ogan Komering Ulu Timur dengan BPD Sumsel Babel.

Selanjutnya peningkatan serta pendayagunaan BUMDes serta BUMDesa Bersama-sama

Dan, peningkatan LKM dalam rencana pendayagunaan warga desa. Wilayah ketinggalan serta teritori transmigrasi.

Paling akhir bagian kerja sama yang lain disetujui beberapa faksi sesuai ketetapan ketentuan perundang-undangan

Jumat itu dialirkan sampai periode 9 September 2020.

Pembiayaan itu sudah dialirkan ke 34,3 ribu nasabah kumulatif. Sedang untuk pembiayaan yang berjalan (oustanding), BWM sudah mengalirkan Rp 9,57 miliar ke 11,72 ribu nasabah.

Advisor Bagian Pelebaran Pasar Akses Bagian Layanan Keuangan OJK)Achmad Buchori mengatakan, data itu tertera dalam aplikasi Bank Wakaf Mikro yang dapat dibuka seluruh pihak. Digitalisasi Bank Wakaf Mikro memang tengah digencarkan OJK khususnya ditengah-tengah epidemi.

“Saat ini jumlah Bank Wakaf Mikro ada 56 BMW. Di aplikasi, ada berapakah detail-detilnya, berapakah banyaknya, pembiayaannya, saldonya, tempat, dapat unduh di Android namanya BWM. Ini dapat kita simak saat ini profile pesantren sekaligus juga produknya,” tuturnya dalam siaran virtual, Rabu (9/9/2020).

Mereka dapat sama-sama berhubungan disana. Lantas bila ingin ajukan pembiayaan dapat lewat aplikasi BWM mobile.

Sesaat untuk marketing produk, ditingkatkan marketplace BWM BUMDes sekaligus juga memberikan dukungan perkembangan usaha di desa. Nanti, pembayaran produk yang dibeli ke marketplace dapat memakai QRIS (QR Indonesia Standar) atau virtual akun.

 

error: Content is protected !!